-->

Macam-macam Pertemuan Pramuka Berdasar Tingkatan

Macam-macam Pertemuan Pramuka Berdasarkan Tingkatannya. 
Macam-macam Pertemuan Pramuka Berdasar Tingkatan


1.    Tingkatan Pramuka Siaga / S
Kegiatan atau pertemuan yang dikhususkan untuk anggota pramuka siaga merupakan :
·     Pesta Siaga;
Pesta Siaga merupakan pertemuan pramuka Siaga di bentuk perkemahan besar selama 1 hari (tanpa menginap) dengan berbagai  kegiatan seperti: Permainan Bersama (kegiatan keterampilan kepramukaan yang dikemas dengan permainan), Pameran Siaga, Pasar Siaga (simulasi situasi di pasar yang diperankan oleh Pramuka Siaga), Darmawisata, Pentas Seni Budaya, Karnaval, dll.
Pesta Siaga dapat dilaksanakan di tingkat kordinator desa, kwartir ranting, kwartir cabang, korwil (beberapa kwartir cabang yang berdekatan), dan kwartir daerah.

2.    Tingkatan Pramuka Penggalang / G
Jenis pertemuan atau kegiatan yang dikhususkan untuk anggota pramuka penggalang, antara lain :
·     Jambore;
Jambore merupakan pertemuan Pramuka Penggalang di bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Pramuka. Kegiatan di jambore bersifat rekreatif, riang gembira, dan penuh persaudaraan. Jambore dilaksanakan secara berjenjang berdasar penyelenggara dan lingkup wilayah pesertanya, yaitu: Jambore Ranting (Jamran), Jambore Cabang (Jamcab), Jambore Daerah (Jamda), Jambore Nasional (Jamnas), Jambore Regional dan Jambore se-Dunia.
·     Lomba Tingkat (LT);
Lomba Tingkat (LT) merupakan pertemuan pramuka penggalang di bentuk perlombaan beregu atau perorangan atas nama regu yang mempertandingkan sejumlah ketrampilan. Lomba tingkat dilaksanakan di bentuk perkemahan. Berbeda dengan jambore yang menekankan sifat rekreatif, lomba tingkat lebih berupa perlombaan.
Lomba Tingkat terdiri atas : 
o    LT I (tingkat Gugusdepan)
o    LT II (tingkat kwartir ranting)
o    LT III (tingkat kwartir cabang)
o    LT IV (tingkat kwartir daerah)
o    LT V (tingkat kwartir nasional)
·     Perkemahan Bakti (PB);
Perkemahan Bakti (PB) merupakan kegiatan Pramuka Penggalang di rangka bhakti pada masyarakat yang biasanya berwujud peran serta di kegiatan pembangunan.
·     Dian Pinru (Gladian Pemimpin Regu);
Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) merupakan kegiatan Pramuka Penggalang untuk Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru), dan Wakil Pemimpin Regu (Wapinru), yang bertujuan memberikan pengetahuan di bidang manajerial dan kepemimpinan. Dianpinru diselenggarakan di tingkat gugus depan, kwartir ranting atau kwartir cabang.
·     Forum Penggalang;
Forum Penggalang merupakan pertemuan  Pramuka Penggalang untuk mengkaji suatu permasalahan dan merumuskan hasil kajian serta memecahkan masalah secara bersama. Inti dari kegiatan ini merupakan untuk pengenalan demokratisasi dan pembelajaran metode pemecahan masalah sebagai modal untuk para Pramuka Penggalang di masa yang akan datang.
·     Perkemahan;
Berbagai macam perkemahan yang dilakukan sesuai dengan waktu, peserta, dan tujuannya masing-masing. Tentang perkemahan ini, baca : Jenis Perkemahan Pramuka.
·     Penjelajahan; Penjelajahan merupakan pertemuan Pramuka Penggalang berbentuk penjelajahan, di rangka mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu medan, peta, kompas dan survival.

3.    Tingkatan Pramuka Penegak dan Pandega / T-D
Jenis pertemuan atau kegiatan yang dikhususkan untuk pramuka penegak dan pramuka pandega, antara lain :
·     Raimuna;
Raimuna merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega di bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Pramuka, seperti Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, Raimuna Nasional.
·     Perkemahan Wirakarya (PW);
Perkemahan Wirakarya merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk perkemahan besar, di rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta di kegiatan pembangunan masyarakat. 
·     Gladian Pemimpin 1an (Dianpinsat);
Dianpinsat (Penggladian Pimpinan 1an) merupakan kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega untuk Pemimpin Sangga Utama (Pradana), Pemimpin Sangga (Pinsa), dan Wakil Pemimpin Sangga (Wapinsa), yang bertujuan memberikan pengetahuan di bidang manajerial dan kepemimpinan. Dianpinsa diselenggarakan di tingkat gugus depan, kwartir ranting atau kwartir cabang.
·     Peran Saka (Perkemahan Antar 1an Karya Pramuka);
Perkemahan Antar 1an Karya Pramuka (Peran Saka), merupakan Kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang menjadi anggota 1an Karya Pramuka (Saka), berbentuk perkemahan besar, yang diselenggarakan oleh kwartir Pramuka. Peran Saka diikuti oleh sedikitnya 2 1an Karya Pramuka.
·     Musppanitera;
Musyawarah Pramuka  Penegak dan Pandega Puteri dan Putera (Musppanitera) merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyusun perencanaan pembinaan untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega di wilayah kwartir di 1 masa bakti kwartir/dewan kerja dan akan dijadikan bahan pada musyawarah kwartirnya.
·     Ulang Janji;
Ulang Janji merupakan upacara pengucapan ulang janji (Trisatya) untuk Pramuka Penegak, Pandega dan Anggota Dewasa yang dilaksanakan pada malam tanggal 14 Agustus di rangka Hari Ulang Tahun Pramuka.
·     Pertemuan lain; Pertemuan lain seperti  Sidang Paripurna (Siparcab) Dewan Kerja, Pengembaraan, Latihan  Dasar  Kepemimpinan,  Pelatihan Pengelola Dewan Kerja (PPDK), Pelantara, Kemah Bakti Saka (Pertika) dll.

4.    Tingkatan Pramuka Dewasa
Untuk anggota pramuka dewasa, terdapat beberapa kegiatan atau pertemuan, seperti :
·     Karang Pamitran;
Karang Pamitran merupakan pertemuan untuk pembina pramuka untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan serta meningkatkan pengetahuan pengalaman dan kepemimpinannya. Karang pamitran menjadi wadah silaturahmi untuk pembina pramuka untuk saling bertukar pengalaman, menambah pengetahuan dan ketrampilan di membina pramuka.
·     Kursus Pembina Pramuka;
Kursus Pembina Pramuka terdiri atas 2 tingkatan, yaitu : Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Lanjutan (KML).
·     Kursus Pelatih Pembina Pramuka; Kursus Pelatih Pembina Pramuka terdiri atas 2 tingkat, yaitu : Kursus Pelatih Pembina Pramuka Dasar (KPD) dan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Lanjutan (KPL)
·     Ulang Janji;
·     Musyawarah Gugusdepan (Mugus), Musyawarah Ranting (Musran), Musyawarah Cabang (Muscab), Musyawarah daerah (Musda) dan Musyawarah Nasional (Munas).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel