-->

SAKA TINGKAT KWARTIR NASIONAL

Menurut Wikipedia Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah wadah Pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para anggota Pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan syarat khusus. Setiap Satuan Karya memiliki beberapa krida, yang masing-masing mengkhususkan pada subbidang ilmu tertentu. Setiap Krida memiliki SKK untuk memperoleh TKK Kelompok Kesatuan Karyaan yang dapat diperoleh Anggota Pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu di Saka tersebut.
Saka Tingkat Nasional

Di Bawah ini  daftar 11 Saka tingkat Kwartir Nasional

1. Saka Bahari

Lambang Saka Bahari
Lambang Saka Bahari
Lebih Kenal dengan SAKA BAHARI
Saka Bahari adalah Saka yang memberikan keterampilan praktis di bidang kebaharian atau kelautan. Pembinaan Saka bahari dilaksanakan bekerja sama dengan TNI AL, Profesional di bidang Olahraga Air, dan Kementerian Kelautan. 


2. Saka Bakti Husada

Lambang Saka Bakti Husada
Lambang Saka Bakti Husada
Lebih Kenal dengan SAKA BAKTI HUSADA
Saka Bakti Husada adalah Satuan Karya Pramuka yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan praktis di bidang kesehatan. Pembinaannya bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

3. Saka Bhayangkara

Lambang Saka Bhayangkara
Lambang Saka Bhayangkara
Lebih Kenal dengan SAKA BHAYANGKARA
Saka Bhayangkara adalah Saka yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan khusus di bidang ketertiban masyarakat (kamtibmas). Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia. 

4. Saka Dirgantara

Lambang Saka Dirgantara
Lambang Saka Dirgantara
Lebih Kenal dengan SAKA DIRGANTARA
Saka Dirgantara adalah Satuan Karya Pramuka yang memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kedirgantaraan. Saka Dirgantara diselenggarakan bekerja sama dengan TNI AU, pihak perusahaan penerbangan dan klub aeromodelling. Pelatihan biasanya diadakan di sebuah Pangkalan Udara tertentu. 

5. Saka Kencana

Lambang Saka Kencana
Lambang Saka Kencana
Lebih Kenal dengan SAKA KENCANA
Saka Kencana adalah Saka yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan khusus di bidang Keluarga Berencana (KB), Keluarga Sejahtera dan Pengembangan Kependudukan. Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 

6. Saka Taruna Bumi

Lambang Saka Taruna Bumi
Lambang Saka Taruna Bumi
Lebih Kenal dengan SAKA TARUNA BUMI
Saka Taruna Bumi adalah saka yang memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pembangunan pertanian. Pembinaannya bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, LIPI, dan Lembaga Holtikultura. 

7. Saka Wanabakti

Lambang Saka Wanabakti
Lambang Saka Wanabakti
Lebih Kenal dengan SAKA WANABAKTI
Saka Wanabakti memberikan pengetahuan dan ketrampilan serta menanamkan rasa tanggung jawab di bidang pelestarian sumberdaya alam, kehutanan dan lingkungan hidup. Saka Wanabakti diselenggarakan bekerja sama dengan bekerjasama dengan Kementerian Kehutanan, Perhutani dan LSM Lingkungan Hidup/Lembaga Profesional terkait. 

8. Saka Wira Kartika

Lambang Saka Wira Kartika
Lambang Saka Wira Kartika
Saka Wira Kartika adalah Saka yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan khusus di bidang kewilayahan dan bela negara. Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat. 

9. Saka Kalpataru


Lambang Saka Kalpataru
Lambang Saka Kalpataru
Lebih Kenal dengan SAKA KALPATARU
Saka Kalpataru adalah Satuan Karya Pramuka yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan khusus di bidang kepedulian lingkungan hidup. Pembinaannya dilaksanakan bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup (sekarang Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup).

10. Saka Pariwisata

Lambang Saka Pariwisata
Lambang Saka Panduwisata
Lebih Kenal dengan SAKA PARIWISATA
Saka Pariwisata adalah Saka yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan khusus di bidang kepariwisataan.

11. Saka Widya Budaya Bakti

Lambang Saka Widya Budaya Bakti
Lambang Saka Widya Budaya Bakti
Lebih Kenal dengan SAKA WIDYA BUDAYA BAKTI
Saka Widya Budaya Bakti memberikan pengetahuan dan ketrampilan khusus di bidang  pendidikan dan  kebudayaan. 

Selain Satuan Karya Pramuka tingkat Nasional tersebut diatas, ada juga saka-Saka tingkat lokal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel